Wisata Kuliner Kota Semarang [Indonesia]




Semarang memang bukan kota wisata, tapi orang ramai pergi ke Semarang untuk makan.
Yoih, Semarang adalah kota kuliner.

Apa aja jajanan yang bisa mengisi perut kita selama di Semarang?
Banyak banget! Semuanya enak tenan, ora ngapusi!


Beberapa diantaranya adalah:



Mi Kopyok
Jajanan murahan tapi rasanya menakjubkan.
Sepiring lontong, mi kuning, tahu, taoge, kerupuk karak, disiram kuah dari air bawang putih.

Penjual mi kopyok yang terkenal:

Pak Dhuwur
jl. Tanjung, seberang kantor PLN
[buka jam 8.00 sampai sebelum jam 16.00]


cabangnya ada di:
jl. perintis kemerdekaan, seberang Jamu Jago, Banyumanik
[buka jam 9.00 sampai sebelum jam 16.00]




Tahu Gimbal
Lontong dengan irisan kol, taoge, tahu, bakwan udang (gimbal urang), telur ceplok, diguyur bumbu kacang yang ada rasa petisnya + kerupuk udang. 
Enak tenan!

Tahu Gimbal No. 1 di Semarang:

Pak H. Edy
Taman Menteri Supeno (Taman KB), Jl. Pandanaran 2, sisi sebelah timur
[buka jam 16.00 sampai tengah malam, kalau hari libur buka lebih siang]

Perlu kejelian mata untuk bisa menemukan tenda Pak H. Edy, jangan sampai salah ke tenda Pak Edy yang lain, ya! Karena pak H. Edy tidak buka cabang & di seputar taman KB ada tahu gimbal dengan merk Pak Edy lain.



Soto Semarang
Semua daerah di Indonesia sepertinya punya soto, tapi jika ke Semarang jangan lewatkan untuk ngicipi soto semarang yang tentunya punya cita rasa yang berbeda dengan soto di wilayah lain. Yang khas dari Soto Semarang adalah ditemenin sama sate kerang & mangkok sotonya yang cuma seuprit. Kalo saya sih biasa pesen 2 mangkok. #nggragas

Beberapa warung Soto Semarang yang populer:

Soto Bangkong
Jl. Brigjen. Katamso No. 1, Perempatan Bangkong
Jl. Setiabudi, Srondol, Banyumanik (Sebelah Swalayan ADA)
[buka jam 07.00 sampai jam 22.00]

Soto Pak No
Jl. Sukun no.4, Banyumanik
Jl. MH. Thamrin 28
[buka jam 07.00 sampai 21.00]

Soto Pak Man
Jl. Purwosari raya, dekat pasar burung Karimata
Jl. Pamularsih raya 32
Jl. Tri lomba juang 20B, Seberang GOR Tri Lomba Juang
Ruko Tlogosari Raya no. 61 A
[buka jam 6.30, biasanya belum sore sudah habis]



Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso
Inilah makanan 'organik' paling mak nyus di Semarang. Yang punya kolesterol tinggi silakan minggir dulu. hihihi

Nasi goreng babat & babat gongso paling cetar:

Pak Taman
sisi selatan Stadion Diponegoro Semarang. Tepatnya di sebelah kantor BPN.
telp. 0818247939
[buka jam 07.00 sampai 16.00]

Pak Karmin “Mberok”

Jl. Inspeksi No. 1, sebelah Gedung Keuangan, dekat Jembatan Mberok. 
Telp. 024 - 3563334
[buka jam 06.00 sampai 18.00]

Pak Hengki

Jalan Puri Anjasmoro Blok K, Semarang Barat
[buka jam 17.00]

Pak Sabar

Jl. Depok 45
[buka jam 16.00]


Bubur Ayam Semarang
Apa bedanya dengan bubur ayam lain? 
Bubur Ayam Semarang rasanya manis-manis gurih. Ayam, telur, dan kuahnya dibumbui semacam semur, warnanya coklat gitu.

Salah satu yang terkenal dan fenomenal:

Pak Giyo
Jl. MT. Hariyono, depan Java Mall
[buka tengah malam jam 00.00, sebelum subuh sudah habis]



Nasi Ayam 
Mirip nasi liwet yang ada di Solo, tapi rasanya sedikit berbeda. Menurut saya sih, nasi ayam ini lebih seger dibanding nasi liwet Solo.

Nasi Ayam yang rame:

Bu SAMI
Simpang Lima, Pojok Matahari, dekat tangga Simpang 5 Plasa, 
telp. 081326559966, 081325268885
[buka mulai pukul 22.00]




Bakmi Jowo
Bakmi Jowo Semarang rasanya lain dengan Bakmi Jowo di Jogja, apalagi Bakmi Jowo di Jakarta yang rasanya ora karukaruan. Kalo nggak percaya, silakan dibandingkan.

Bakmi Jowo yang seger tur rame:

Pak Doel Noemani
telp. 081329203448
Jl. Pemuda 117, depan Paragon Mall
[buka jam 10.00 sampai 22.00]
Jl. Pemuda 145, depan Balai Kota
[buka jam 15.00 sampai 22.00]
Jl. Thamrin No. 4, depan Pertamina
[buka jam 15.00 sampai 22.00]



Masih banyak kuliner lainnya di Semarang. Kapan-kapan saya tambahkan di postingan berikutnya. Insya Allah.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)

NO SPAM! NO SARA!